Kenapa Kartu Axis Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Registrasi

Kenapa Kartu Axis Tidak Bisa Digunakan – Axis merupakan kartu seluler dengan mayoritas pengguna anak muda. Tak heran karena Axis menawarkan berbagai pilihan paket murah sehingga sesuai dengan kantong pelajar maupun mahasiswa muda. Sebelum menggunakan kartu Axis pengguna wajib melakukan registrasi memakai KTP dan juga KK sesuai dengan aturan pemerintah.

Namun beberapa pengguna menjumpai kartu Axis tidak bisa digunakan padahal sudah registrasi sehingga mengganggu aktivitasnya. Sering kali dijumpai sinyal tidak muncul, tidak bisa terkoneksi internet, melakukan panggilan bahkan sampai kirim SMS. Tentunya bagi pelanggan baru Axis akan mengalami kesulitan bagaimana untuk mengatasinya.

Berbagai faktor memang dapat jadi penyebab kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan. Misalnya maintenance atau perbaikan di mana memakan waktu cukup lama seperti halnya XL gangguan hari ini. Selain pihak operator, kadang penyebabnya juga bisa berasal pengguna bahkan kadang tidak disadari sebelumnya.

Kadang ketika pembelian kartu baru sering kali kita melakukan registrasi dengan sembarangan atau bahkan dilakukan orang lain. Jadi registrasi memang bukan satu-satunya penyebab kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan.

Kenapa Kartu Axis Tidak Bisa Digunakan

Jika membahas kenapa kartu tidak bisa digunakan maka kamu harus melihat beberapa hal sebagai penyebabnya. Ciri ketika kartu tidak bisa digunakan paling jelas adalah sinyal hilang, tidak bisa terkoneksi internet, kirim SMS maupun menelpon orang. Apabila kamu menjumpai tanda tersebut maka dipastikan bahwa masalahnya dapat bersumber dari kartu Axis yang digunakan.

Selain itu beberapa orang juga mempertanyakan kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan padahal ada kuota. Agar lebih jelasnya kalian bisa simak beberapa penyebab dan faktornya di bawah ini.

Kartu Sudah Tidak Aktif atau Diblokir

Penyebab pertama kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan adalah karena masa aktifnya sudah habis atau diblokir. Pada dasarnya untuk menggunakan kartu Axis kalian harus membeli pulsa, kirim pulsa atau paket data untuk memperpanjang masa aktifnya. Jadi setelah masa aktif kartu Axis berakhir maka akan masuk ke masa tenggang.

Saat masa tenggang maka kartu tidak dapat digunakan namun masih bisa menerima SMS serta telepon masuk. Baru setelah 30 hari dari masa tenggang maka kartu akan diblokir sehingga tidak bisa digunakan secara permanen. Kamu memang harus berhati-hati dan selalu cek masa aktif agar kartu tetap bisa digunakan.

Registrasi Kartu Axis Gagal

Saat sudah registrasi maka ada kemungkinan prosesnya mengalami kegagalan sehingga data tidak masuk. Paling utama salah memasukkan nomor KTP serta KK sehingga datanya belum bisa divalidasi. Selain itu format registrasinya juga bisa tidak sesuai sehingga kalian harus melakukannya ulang.

Kesalahan Pengaturan

Ketika kartu tidak dapat digunakan maka pengaturan juga jadi penyebabnya. Pada dasarnya pengguna memang diberikan beberapa pengaturan seperti APN, koneksi internet, SIM, jaringan 4G serta masih banyak lainnya. Ketika ada kesalahan atau error maka tidak bisa digunakan sementara waktu.

Sinyal Axis Lemah di Wilayah Kamu

Kemudian sebab lainnya karena sinyal operator Axis yang memang lemah di wilayah kamu. Saat bar sinyal hanya 1 dan sering hilang-hilang maka kalian bisa berpindah lokasi. Hal tersebut bermanfaat agar sinyal Axis bisa secara penuh didapatkan sehingga konektivitasnya lancar.

Hardware Smartphone Bermasalah

Faktor terakhir adalah dari sisi hardware smartphone yang bisa saja mengalami kerusakan. Kadang kerusakannya seperti SIM tidak terbaca, tangkapan IC sinyal kurang, beberapa fitur tidak bisa diakses dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kartu Axis Tidak Bisa Digunakan

Ketika memahami kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan maka kalian mudah untuk mengambil tindakan mengatasinya. Kamu bisa mencoba registrasi ulang supaya kartu akan aktif kembali. Mirip seperti cara aktivasi ulang kartu Telkomsel jika terblokir atau mengalami gagal registrasi.

Masalah ini memang dapat diselesaikan ketika kartu Axis tidak mengalami kerusakan. Jika ternyata kartu Axis yang rusak maka harus dilakukan pergantian. Lebih jelasnya untuk mengatasi kartu Axis tidak bisa digunakan silakan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Refresh Jaringan Kartu Axis

Langkah pertama silakan restart perangkat kalian kemudian tunggu sampai sinyalnya muncul. Silakan cek apakah kartu Axis sudah bisa digunakan kembali. Apabila belum maka swipe layar ke bawah kemudian hidupkan mode pesawat. Silakan menunggu beberapa saat kemudian mematikannya maka jaringannya akan di refresh.

Lalu kamu juga dapat melepas kartu SIM Axis dari perangkat kemudian memasangnya kembali. Langkah ini juga bisa mereset jaringan agar kembali seperti sediakala. Biasanya ketika masalahnya tidak parah maka kartu Axis bisa digunakan kembali.

2. Setting Pengaturan APN Axis

Berikutnya silakan kalian melakukan pengaturan dari bagian APN karena berguna sebagai penghubung ke jaringan internet. Silakan atur APN ke default atau bawaan supaya mengembalikan fungsi jaringannya. Kamu cukup masuk ke Settings kemudian cari Access Point Names lalu isi sebagai berikut.

  • Nama= Axis
  • APN= axis
  • Proxy= 10.8.3.8
  • Port= 8080
  • Username= axis
  • Password= 123456
  • Server= Not set
  • MMSC= Not set
  • Proxy MMS= Not set
  • Port MMS= Not set
  • MCC= 510
  • MNC= 08
  • Jenis Autentikasi= PAP
  • Jenis APN= default
  • Protokol APN= IPv4
  • Protokol Roaming APN= IPv4

3. Cari Sinyal Axis

Mayoritas yang tinggal di wilayah terpencil atau pegunungan akan sulit mendapatkan sinyal sehingga harus mencarinya di wilayah lain. Kamu bisa berpindah lokasi yang tercover jaringan Axis ahar dapat kembali terhubung.

4. Melakukan Registrasi Ulang Kartu

Di atas kami sudah menjelaskan kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan padahal sudah registrasi. Langkah mengatasinya adalah dengan registrasi ulang menggunakan nomor KTP dan KK. Silakan buka menu SMS dan kirimkan format di bawah ini.

DAFTAR#Nomor_NIK#Nomor_KK# kirim ke 4444

Contohnya ketik DAFTAR#1254567891011134#5566778899510022 kemudian lanjutkan dengan mengirimkannya ke 4444. Berikutnya tunggu balasan sampai kartu Axis aktif dan bisa digunakan kembali.

5. Minta Bantuan CS Axis

Ketika kartu Axis tidak bisa digunakan dan registrasinya gagal maka kamu dapat meminta bantuan dari call center. Tersedia layanan telepon, email dan Twitter untuk kalian hubungi. Selain itu untuk masalah registrasi kartu juga dilayani oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri.

  • CS Axis: 838
  • Halo Dukcapil Kemendagri: 1500537.
  • Email: cs@axisnet.id
  • Twitter: @ask_AXI

6. Kunjungi XL Center

Memang kenapa kartu Axis tidak bisa digunakan ada banyak faktornya, ketika masalahnya belum teratasi maka dapat mendatangi XL Center terdekat. Pada dasarnya XL dan Axis berasal dari satu perusahaan yang sama. Jadi untuk layanan pelanggan Axis akan ditangani pada XL Center termasuk masalah kartu seluler.

Pelanggan Axis juga bisa melakukan pergantian kartu jika rusak atau diblokir permanen. Nantinya kamu akan tetap bisa menggunakan nomor yang sama tanpa perlu mengganti

Kesimpulan

Kenapa penyebab kartu tidak bisa digunakan dapat dilihat dengan jelas di atas. Selain itu terdapat beberapa cara mengatasinya sehingga kalian tidak perlu merasa bingung. Demikian pembahasan im3buzz.id, kiranya mampu membantu kalian ketika kartu Axis tidak dapat dipakai.

Tinggalkan komentar